BERSIH DUSUN SEBAGAI PEMBELAJARAN BUDAYA NGAJENI

//ind 03 Juli 2019 14:12:27 WIB

KEMADANG (SIDA) - Kampung sawah asri yang terletak di RT 03 Padukuhan Rejosari Desa Kemadang Kecamatan Tanjungsari Gunungkidul menggelar sosialisasi pembelajaran budaya ngajeni dalam rangka bersih dusun tahun 2019 dengan media wayang cakruk. Dalang Ki Sumarno membawakan lakon "Lunture Budaya Ngajeni". Rangkaian acara pada sosialisasi dan hiburan rakyat tersebut diawali dengan pementasan fragmen cerita rakyat yang diperankan warga sawah asri memberikan gambaran rusaknya budaya unggah ungguh akibat kemajuan zaman. 

Hadir dalam cara tersebut Heri Nugroho DPR D Kabupaten Gunungkidul, Camat Tanjungsari Rakhmadian Wijayanto, Dewan Kebudayaan kecamatan Tanjungsari, pemerintah desa serta lembaga Desa Kemadang.

Heri Nugroho  berharap semoga dengan adanya kegiatan semacam ini rasa hormat menghormati,sopan santun dalam berkeluarga dan masyarakat dapat ditumbuhkan kembali. pada tahun 2020 mendatang budaya ngajeni akan menjadi salahsatu program prioritas yang bersumber dari Danais.  Kampung sawah asri juga merupakan satu satunya dusun di Kabupaten Gunungkidul yang menginisiasi program budaya ngajeni, dan diharapkan menjadi pilot project.

Komentar atas BERSIH DUSUN SEBAGAI PEMBELAJARAN BUDAYA NGAJENI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Kemadang

tampilkan dalam peta lebih besar