WisataPantai

TIM SIDA KEMADANG 30 Mei 2017 10:50:11 WIB

WISATA PANTAI DESA KEMADANG

  1. PANTAI BARON

Sumber  : google.com

Pantai Baron adalah salah satu objek wisata berupa pantai yang terletak di Desa KemadangKecamatan TanjungsariKabupaten Gunungkidul. Lokasi Pantai Baron dapat ditempuh 40 km daeri pusat kota Yogyakarta.Asal mula nama Pantai Baron berasal dari nama seorang bangsawan asal Belanda yang bernama Baron Skeber.Bangsawan tersebut pernah mendaratkan kapalnya di pantai selatan tepatnya di pantai yang saat ini terkenal dengan sebutan Pantai Baron. Jalan menuju objek wisata Pantai Baron cukup baik untuk dilalui kendaraan pribadi, sepeda motor dan bus.

Obyek wisata Pantai Baron merupakan pantai yang membentuk cekungan. Seperti pantai lainnya, di Pantai Baron tersedia aneka ikan laut beserta olahannya. Ikan yang biasanya dijual di Pantai Baron adalah udang windu, kakap, bawal putih dan tongkol.Pantai Baron memiliki fasilitas berupa tempat pelelangan ikan, wahana permainan anak-anak, perahu bermesin, dan toko cenderamata. Buah sirkaya, pisang tanduk, sirsak, dan berbagai macam cenderamata yang terbuat dari kerang laut.Cenderamata berbahan kerang yang banyak dijual di Pantai Baron adalah bros, tirai kerang, lampu hias, cermin berhias karang, figura, dan aneka karakter hewan yang juga terbuat dari kerang laut.

Upacara sedekah laut adalah upacara yang masih sering dilakukan oleh masyarakat Gunungkidul. Pantai Baron adalah salah satu tempat untuk menyelenggarakan upacara sedekah laut tersebut. Upacara sedekah laut diselenggarakan setiap tanggal satu Syuro dalam penanggalan Jawa. Upacara sedekah laut dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur penduduk setempat atas melimpahnya tangkapan ikan di Pantai Baron. Awalnya, sebagaian besar penduduk di sekitar Pantai Baron bukanlah nelayan melainkan petani yang mengolah kebun.Suatu ketika ada seseorang yang memulai menangkap ikan di pinggiran pantai dan mendapatkan banyak ikan, kemudian banyak penduduk yang mengikuti orang tersebut untuk menangkap ikan. Semakin lama, ikan di pinggir pantai semakin sedikit kemudian penduduk mencoba menangkap ikan ketengah laut menggunakan rakit kayu. Adanya kapal di pantai ini karena suatu ketika terjadi tragedi nelayan yang saat menangkap ikan di tengah laut digigit oleh ikan hiu maka kabar ini pun tersiar di mana-mana dan menjadikan pemerintah menyumbangkan perahu untuk nelayan Pantai Baron.

Keunikan Pantai Baron adalah adanya sunga bawah tanah yang mengalir cukup deras ke arah lautan. Sungai bawah tanah tersebut mengalir ke arah laut dan membentuk sebuah sungai. Uniknya sungai bawah tanah yang ada di Pantai Baron adalah rasa airnya yang tawar meskipun berada sangat dekat dengan laut. Pengunjung yang tidak berani bermain dan berenang di laut dapat bermain air dan berenang dialiran sungai bawah tanah tersebut. Pemandangan lain yang ada di Pantai Baron adalah sebuah bukit yang berada di sekitar pantai. Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dari atas bukit tersebut.

 

  1. PANTAI JEMBAK
  2. PANTAI BULUK
  3. PANTAI NGRAWE
  4. PANTAI KUKUP

 Pantai Kukup memiliki pemandangan yang sangat indah, tempat wisata Jogja satu ini menawarkan keindahan pasir putih dan deburan ombak yang cukup besar namun tak terlalu bahaya.

Walaupun objek wisata Pantai Kukup ini tidak memiliki garis pantai yang terlalu panjang layaknya Pantai Krakal, namun keindahan di pantai ini tak boleh kamu sampingkan.

Karakteristik dari Pantai Kukup hampir sama dengan kebanyakan pantai di laut selatan, yaitu diapit oleh tebing-tebing karst di sisi sampingnya, namun salah satu keunikan yang dimiliki Pantai Kukup dibanding dengan deretan pantai indah di Gunung Kidul lainnya adalah terdapatnya sebuah pulau karang disebelah timur pantai.

Pulau karang ini menyerupai Tanah Lot di Bali dan mirip dengan yang ada di Pantai Balekambang, Malang yaitu disambungkan dengan sebuah jembatan, hanya saja tidak terdapat Pura diatas pulau tersebut.

Sebagai gantinya, di atas pulau karang Pantai Kukup terdapat sebuah gardu pandang yang bisa kita gunakan untuk melihat keindahan Pantai Kukup ini dari ketinggian, pulau karang tersebut juga menjadi spot favorit wisatawan untuk berfoto dan bersantai.

Pulau karang di Pantai Kukup bernama Pulau Jumino, untuk menuju ke puncak pulau karang kita bisa melewati jembatan yang sudah disediakan khusus dari pinggir pantai menuju keatas pulau.
Bahkan dari atas Pulau Jumino Pantai Kukup kita bisa melihat indahnya sunrise dan sunset lho, jadi apabila kamu mencari pantai di Jogja yang cocok untuk melihat sunrise, jangan lupa memasukkan Pantai Kukup kedalam daftarmu ya.

Keindahan yang dimiliki objek wisata Pantai Kukup memang sangat menarik perhatian, tak hanya wisatawan lokal saja yang datang ke tempat wisata ini, melainkan tak jarang pulau wisatawan mancanegara yang tertarik melihat keindahan Pantai Kukup.

Pantai Kukup merupakan salah satu pantai dengan pemandangan indah di Jogja, Pantai Kukup termasuk pantai dangkal, daerah dangkal ini dipenuhi dengan bebatuan karang layaknya di Pantai Krakal yang berfungsi memecah ombak.

Terumbu-terumbu karang di Pantai Kukup ini memiliki luas sekitar 100 meter dari bibir pantai, uniknya ketika sedang surut kita bisa melihat biota laut yang terdampar atau memang hidup di sekitar terumbu karang tersebut.

Seperti ikan hias dan bintang laut, karena itulah Pantai Kukup juga sering disebut dengan julukan "Aquarium Alami di Jogja".

Tak heran jika Pantai Kukup menjadi salah satu tujuan favorit wisata pantai di Jogja, sebab lokasinya yang mudah dijangkau dan terbilang cukup aman bagi anak-anak, menjadikan setiap harinya Pantai Kukup selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Disini kita tak hanya bisa melihat keindahan Pantai Kukup saja, kamu juga bisa melihat upacara sedekah laut yang setiap tahunnya dilaksanakan pada bulan syura.

  1. PANTAI POROK

     

     

    Pantai Porok Wonosari

    Mendengar kata Porok, mungkin sangat asing di telinga Anda. Porok merupakan tempat wisata temuan baru berupa pantai di kawasan Gunung Kidul, Jogjakarta. Pantai Porok Gunungkidul terletak di desa KemAndang, Kecamatan Tanjung Sari, Gunung Kidul. Pantai ini masih satu rute dengan pantai Kukup dan Pantai Lolang. Anda bisa menggunakan google map untuk mencari tahu lokasi persis pantai ini.

    • Pantai Porok Gunungkidul : Pantai Melon?

    Bila Anda mendengar namanya saja, mungkin sudah berasa aneh. Namun ternyata, ada fakta menarik tersimpan disana. Kabarnya, pantai ini dijadikan kawasan karst sebagai daerah penghasil Melon oleh salah satu universitas terkemuka di Jogjakarta. Dan hasilnya luar biasa, sampai saat ini terdapat beberapa perkebunan melon disana.  Jika Anda berkunjung kesana, sesekali Anda bisa menikmati pemandangan pantai bercampur suasana kebun Melon. Menarik bukan?

    • Pantai Porok Gunungkidul, Keindahan Yang Tersembunyi

    Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Pantai Porok Gunungkidul, Anda bisa mengambil rute arah ke Pantai Krukup. Akses menuju pantai ini tergolong mudah dan memadai. Disepanjang jalan sudah terdapat papan plakat penunjuk arah ke pantai. Setelah sampai di tempat parkir Pantai Kukup, Anda bisa memarkir kendaraan kemudian diteruskan dengan berjalan kaki. Jarak tempuh untuk sampai ke pantai tersebut memang agak jauh dan melelahkan. Anda harus berjalan menaiki bukit yang cukup tinggi. Sambil berjalan menyusuri bukit, Anda akan terperangah melihat keindahan di sepanjang pantai ini. Suasana pantai yang juga sepi akan membuat Anda lebih terasa nyaman.

  2. PANTAI NGLOLANG

    Pantai Nglolang

    Pantai nglolang terletak diantara pantai sepanjang dan pantai porok, akses menuju pantai nglolang yaitu melewati pantai sepanjang dan masuk ke jalan lurus ke arah barat. lalu anda akan menemui sebuah pantai yang sangat indah tetapi tidak terlalu luas. Pantai tersebut belum terlalu ramai pengunjung dikarenakan jalan menuju pantai masih sulit dan berbatu.

  3. PANTAI SEPANJANG

pantai sepanjang

Pantai Sepanjang Gunungkidul Yogyakarta juga merupakan salah satu pantai yang berada di wilayah Gunungkidul dan berjejeran satu sama lain dengan pantai lainnya yang berjarak tidak terlalu jauh.

Sekilas pantai ini membentang panjang dengan hamparan pasir yang indah dan tidak terlalu jauh dari jalan utama untuk menuju pantai ini. Letak dari pantai Sepanjang ini terdapat di daerah Tanjungsari, kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Pantai ini berdekatan sekali dengan Pantai Kukup, Pantai Sanglen, Pantai Watu Kodok dan pantai Drini. Jaraknya hanya berkisar antara 1 – 8 Km dari pantai lainnya.

Pantai Sepanjang ini sering kali di kaitkan dengan pantai kuta di Bali, dan masyarakat sekitar sering menyebutnya dengan sebutan pantai kuta tempoe doeloe di Yogyakarta. Karena suasana di Pantai Sepanjang  ini memang seperti di pantai kuta Bali yang terkenal itu. Hamparan pasir putih yang memanjang, dengan ombak yang tidak begitu besar.

 

  1. PANTAI SANGLENhttps://spadepicnic.files.wordpress.com/2013/02/img_30342.jpgHampir semua pantai di Gunung Kidul kini ramai oleh wisatawan, terutama pada hari libur. Pantai-pantai seperti Indrayanti, Baron, Drini, Sundak, Sepanjang, Krakal, Kukup sudah tidak asing ditelinga kita, namun ada beberapa pantai diantara pantai-pantai yang ramai dikunjungi masih menyimpan ketenangan dan pesona keindahan yang belum dijamah secara besar-besaran, salah satunya pantai Sanglen.Pantai yang terletak diantara pantai Sepanjang dan pantai Watu Kodok ini tidak memiliki akses jalan sendiri untuk kendaraan, untuk mencapainya harus memarkir kendaraan di pantai Watu Kodok. Untuk mencapai pantai Sanglen ada 2 rute dari pantai Watu Kodok, yaitu mengelilingi karang-karang besar yang ada dibibir pantai dan yang kedua adalah dengan berjaan kaki melewati persawahan dan rimbunnya tanaman liar. Untuk rute pertama cukup berbahaya karena ombak yang besar dan karang-karangnya pun tidak beraturan, oleh karena itu jika ingin melewati rute ini disarankan tunggu sampai air laut surut pada pagi hari sebelum matahari muncul atau pada sore hari. Untuk rute kedua bisa ditempuh sekitar 15 menit berjalan kaki mengitari bukit yang membelah pantai Watu Kodok dan Pantai Sanglen, pemandangan indah persawahan  dan bukit-bukit menemani perjalanan menuju pantai Sanglen.
  2. PANTAI WATU KODOK

     

     

    Pantai pasir putih gunungkidul dengan bersanding karang-karang terjal di sepanjang pantai menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri bagi para pelancong atau penikmat pantai.  Terlebih jika pantai itu masih sangat alami dan karena hal itu justru menjadi daya tarik tersendiri. Begitu pula dengan pantai watu kodok gunungkidul ini. Pada sisi kanan dan kiri karang yang menyerupai kodok  ini terdapat hamparan pasir putih yang menjadi daya tarik tersendiri pantai ini. Jika ditelusuri ,pantai ini tidak jauh dengan pantai Baron,pantai krakal maupun pantai kukup.

    Untuk menuju pantai watu kodok ini terbilang sangat mudah karena masih sebaris dengan pantai baron. Untuk jalan masuk ke Pantai Kodok saat ini masih berupa konblok. Di sepanjanng jalan juga terdapat keindahan dari rerimbunan tumbuhan membuat suasana rindang nan sejuk makin terasa. Ketika anda mencapai pantai ini anda akan disambut dengan perbukitan batu karang yang menawan dan juga hamparan pasir putih yang tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat pantai pasir putih gunungkidul .

    Pantai Watu kodok Gunungkidul ini masih tergolong baru,sehingga fasilitas yang ada masih minim dan belum setenar pantai pulang syawal atau Indrayanti . Jadi peran pemerintah untuk  mengembangkan potensi wisata pasir putih gunung kidul ini perlu ditingkatkan. Sangat diperlukan pengelolaan obyek wisata pantai lebih lanjut dengan tetap memperhatikan kelestarian alam sekitar. Pembangunan fasilitas dan prasarana kepariwisataan sangat diperlukan dalam waktu dekat sehingga diperlukan kerja keras dari semua fihak agar harapan tersebut dapat segera terwujud.

    Lokasi Pantai Watu Kodok

    Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta.

    Akses untuk menuju Pantai Watu Kodok

    • Jalur untuk menuju ke Pantai Watu Kodok gunungkidul ini bisa melalui jalur kota Yogyakarta yang menuju kota Wonosari dan selanjutanya menyusuri rute ke arah Pantai Baron. Selanjutnya setelah memasuki pintu gerbang Pantai Baron belok kekanan menyusuri jalan yang menuju Pantai Indrayanti. Terdapat papan nama yang menunjukkan arah dimana Pantai Kodok berada.
    • Pantai watu kodok berada di sebelah Barat Pantai Drini. Untuk mencapai tempat ini dapat mengikuti petunjuk arah yang menuju Pantai Kukup. Setelah sampai di pertigaan Pantai Kukup lalu menuju kearah Timur menuju ke arah Pantai Watu Kodok setelah melewati Pantai Sepanjang.

 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Kemadang

tampilkan dalam peta lebih besar