LARUNG GUNUNGAN LABUHAN 1 SURO

10 September 2018 10:29:40 WIB

KEMADANG ( SIDA ) – Sedekah laut / labuhan 1 Suro adalah  sebuah tradisi yang sudah melekat pada masyrakat pesisir pantai di Desa Kemadang khususnya di Pantai Baron dan Pantai Kukup. Dengan melarung gunungan sebagaisimbol wujud ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esadan juga menampilkan berbagai kesenian tradisional yang pada hari ini Rabu ( 10/09/2018 ). Bertempat di dua pantai di wilayah Desa Kemadang yaitu Pantai Baron dan Pantai Kukup diadakan secara serentak acara Sedekah laut 1 Suro tersebut.

Acara ini diikuti oleh semua warga masyrakat yang mempunyai usaha di pesisir pantai mulai dari pedagang, fotografer,penjaga parker dan seluruh kelompok sadar wisata atau Pokdarwis.

Tidak hanya orang tua tapi anak-anak juga banyak yang terlibat. Dalam acara tersebut hadir pula Bupati Gunungkidul, Camat Tanjungsari, Kepala Dinas Pariwisata serta dinas-dinas terkait lainnya,serta hadir pula Kepala Desa Kemadang H. Sutono.

Semua warga yang ikut memeriahkan acara tersebut mengenakan pakaian adat jawa lengkap dengan harapan budaya yang ada di wilayah pantai tidak luntur. Dengan diiringi kesenian-kesenian yang ada di Desa Kemadang diantaranya Reog,Jathil,dan tarian-tarian para pelaku usaha melakukan pawai mengelilingi masing-masing pantai dan mereka tampak sangat antusias mengikutinya.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Kemadang

tampilkan dalam peta lebih besar